Selamat datang di blog Yudi Friansyah, Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk rekan semua

Jumat, 12 Agustus 2011

Lalat Buah (drosophila melanogaster)

Posted by rafly 04.38, under | No comments


Tanaman hortikultura yang terdiri darisayuran dan buah buahan merupakan salahsatu tanaman andalan bagi masyarakat inbdonesia sebagia bahan pangan, karena melalui biah dan sayuran masyarakat bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan sehari hari. Karena merupakan kebutuhan sehari hari maka banyak masyarakat yang beusaha meneanm tanaman tersebut disekitar pekaeangan rumah atau dikebun, tetapi seringkali apa yang ditanam menjadi rusak atau bahkan tidak dapat dimakan sama sekali karena gangguan hama. Masalah kerusakan tanaman akibat adanya gangguan dari pesaing pesaing yang berupa binatang yang ikut memakan tanaman yang diusahakan dapat menurunkan kualitas dan kuantitas makanan yang dihasilkan, secara kualitas mmisalnya lalat buah menyebabkan buah jamabu menjadiberulat sehigga tidajk dapat dimakan sedangkana cara kuantitas lalat buah menyebabkan kerontokan buah sehingga hasila yang didiapatkan berkurang. Karena itu binatang pesaing yang memakan tanaman nersebut kita sebut hama yang mrugikan dan keberadaanya tidak dinginkan.

Drosphila melanogaster merupakan jenis lalat buah yang dapat di temukan dibuahbuahan busuk. Drosphila telah digunakan secar betahunb tahun dalam kajian genetika dan perilaku hewan. Berikut merupakan klasifikasi dari drosophila melaogaster (boror, 1992)

Selain tiu, drosophila juga diklasifikasikan kedalam sub ordo cyclophorpha (pengelompokan lalt yang pupanya terdapat kulit instar 3, mempunyai jaw hools) dan termasuk keda;am seri acaliprata yatu imago menetas dengan keluar dari bagian anterior pupa (Wheeler 1981)

Lalat dan arthrophoda lainya mempunyai konbtruksi modular, suatu seri segmen yang teratur. Sgmen ini menyususn tubuh utama yaitu : kepala, thoraxs, danj abdomen. Seperti hewan simetris bilaterlal lainya, drosophila ini mempunyai poros anterior dan posterior ( kepala-ekor) dan poros dorsoventral ( penggung-perut) pad drosophila, determinan sitoplasnik yang sudahj ada di dalam telur member infomasi posisional untuk penempatan kedua poros ini, bahkan sebalum vertilisasi. Setelah vertilisasi, informasi dengan benar dan akhirnya kan memicu struktur yang khas dari setiap segmen.

Adapaun ciri lain dari drosophila melanogaster :
  • Warna tubuh kuning kecoklatyan dengan cingcin berwarna hitam di tubuh bagian belakang,
  • Berukuran kecil antara 3-5 mm
  • Urat tepi sayap ( costalvein) mempunyai dua bagianyang terinteruptus dekat daenga tubuhnya.
  • Sungut (arista) umumnya berbentuk bulu, memiliki 7-12 percabangan.
  • Crovein posterior umumnya lurus, tidak melengkung.
  • Mata majemuk berbentuk bulat agak elips dan merah.
  • Terdap mata oceli pada bagian atas kepala dengan ukuran lebih kecil disbanding mata mejmuk
  • Thorax berbulu bulu dengan warna dasar putih, sedangkan abdomen bersegmen 5 dan bergaris hitam.
  • Sayap panjang berwarna transparan dan posisi bermula dari thorax.

Struktur Tubuh Lalat Buah
ciri-ciri lalat buah (bactrocera sp) adalah sebagai berikut ;
  1. Lalat buah mempunyai tubuh yang berbuku-buku, baik ruas tbuh utama maupun alat tambahan, misalnya kaki dan antenna, sebagaianggota kelas serangga, lalat buah mempunyai tiga bagian tubuh, yaitu kepala, rongga dada (torak), dan perut (abdomen), lalat buahjuga mempunyai tiga pasang kaki yang muncul pada ruas-ruas toraknya.
  2. Sebagia anggota ordo diptera, lalat buah hanya mempnyai dua buah sayap, sayap yang berkembang adlah sayap bagian depan, sayap belakang mengecil dab berubah bentuk menjadi aalat keseimabanagan yang disebut dengan halter, halter ini berbentuk kepala korek api, pada permukaanya terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi sebagai indra penerima rangsang dari lingkungan, terutama kekuatan aliran udara.
  3. Lalat buah mengalami perubahan bentuk tubuh atau metamorfosis secara sempurna (holometabola) pada tipe metamorfosis ini, lalat buah akan mengalami tahap telur, larava, pupa (kepompong) dan lalatdewasa dalam satusiklus kehidupanya.
  4. Alat mulut, tipe lalat buah dewasa bertipe penjilat-penerap, apabia dilihat sepintas, bentuknya menyerupai alat penyedot debu, berupa suatu salran yang bagian ujungnya melebar, sementara lalat mulut larva lalatbuah buah berupa mandibula yang berbentuk kait berlubang.
  5. Lalat dewasa memiliki bercak-bercak atau bintik-bintik hiasan warna hitam, putih atau kekuning kuningan pada sayapnya, sayapnya sendiri transparan, badanya pada beberapa bagian berwarna hitam, kemerah-merahan atau kekuning-kuningan, pada ruas belakang badan terdapat alat peletak telur atau ovivositor sama seperti serangga lain, namun bentuknya pipih.

0 komentar:

Posting Komentar