Selamat datang di blog Yudi Friansyah, Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk rekan semua

Jumat, 12 Agustus 2011

Sterilisasi

Posted by rafly 05.02, under | No comments

Sterilisasi adalah proses untuk membunuh suatu jasad renik yang ada sehingga jika ditumbuhkan suatu medium tidak ada lagi jasad renik yang dapat berkembang biak sterilisassi harus dapat membunh jasad renik yang paling than panas yaitu spora bakteri.
Macam-macam sterilisasi yaitu:
Pada prinsipnya sterilisasi dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu secara mekanik, fisik dan kimiawi.
1. Sterilisasi secara mekanik (filtrasi) yaitu megunakan suatu jaringan yang berpori sangat kecil (0.22mikron atau 0.45 mikron), sehingga mikroba terthan pada jarring tersebut, proses ini ditujukan untuk sterilisasi bahan yang peka terhadap panas seperti enzim dan antibiotic, ditekan dengan gaya sentrifugan atau pompa paum.(http://ekmon saurus.blogspot.com)contoh lain dari sterilisasi ini yaiotu untuk mensterilkan serum darah, toksin, larutan garam fisiologis yang tidak dapat disterilkan dengan pemanasan tinggi digunakan filter bakteri misalnya berkeled filter,chambeland filter.
2. Sterilisasi secara fisk dapat dilakukan dengan pemanasan dan penyinaran.
a. Pemijaran
Pemijaran (dengan menggunkan api langsung) membakar alat pada api langsung. Contoh alat : jarum inokokum, pinset, batang L dll
b. Panas kering
Sterilisasi dengan oven kira-kira 60-180 C, sterilisasi ini cocok untuk alat yang terbuat dari kaca misalnya: tabung reaksi, dll.
c. Uap air panas
Konsep ini kirip dengan mengkukus bahna yang mengandung air lebih cepat menggunalkan metode ini supaya tidak terjadi dehidrasi.
d. Uap air panas brtekanan
Yaitu menggunakan uap air jenuh bertekanan tinggi pada suhu 121 C selama 15 menit (hadioetomo 1985)
Cara-cara pemanasan dapat memunuh jasad renik atu mikroorgansme terutama karena panas basaah dapat menyebabkan denoturasi protein termasuk enzimp-enzim didalam sel.
e. Pemanasan bertahap
Pemanasan bertahap dilakukan pada media atau bahan kimia tahan terhadap uap 100C (Lay dan Hastowo 1992)., pemanasan berthap (tindalisasi) dilakukan dengan cara memanaskan medium atau larutan mengunakan uap selama sat jam seiap hari berturut-turut, wakt inkubasi diantara dua proses pemansasan sengaja diadakan supaya spora dapat bergermminasi menjadi sel vegetatif sehngga mudah dibunh pad apemanasan berikutmnya. (Fardiaxz 1992).
f. Perebusan
Merupakan pemansan didalam air atau uap air pada suhu 100C selama beberapa menit(Fardiaz1992). Pada suhu ini sel vegetatif dimatikan seadangkan spora belum dapat dihilangkan. Beberapa bakteri tertentu tahan terhadap suh perebusan ini isalnya Clastriclum ferfringen dan Clastridum batilinum tetap hidup meskipun direbus selama beberapa jam (lay dan Hastowo 1992)
g. Radiasi Ionoisasi
Radiasi yang mengandung energi yang jauh lebih tinggi daripada sinar ultraviolet, oleh karenaitu mempunyai day desinfiktan yang lebih kuat, salah satu contoh radiasi ionisasi adalah sinar gama yang dipancarkan dari kobait.(fardiaz 1992)
Radiasi dengan sinar gama dapat menyebabkan ion bersidfat hiper aktif (lay dan hastowa). (http://azellyyaxs.blogspot.com/2008/sterilisasi alat_dan_bahan_html)
h. Radiasi sinar ultraviolet
Sinar ultraviolet dengan panjang gelombang yang pendek memiliki daya aniti microbial yang asangat kuat, daya kerjanya adalh absorpsi oleh asam nukleat tanpa menyebabkan kerusakan pada permukaan sel, kerusakan tersebut dapat diperbaiki bila disinari dengan beras yang mempunyai gelombang yang lebih panjang. (Lay dan Hastowo 1992)
3. Penambahan bahan kimia
Menurut lay dan hastowo 1992 bahan yang menjadi rusak bila disterilkan pada suhu yang tinggi dapat disterilkan secara kimiawi denagn menggunakan gas bahna kimia yang sering digunkan antara lain :
a. Alkohol
Daya kerja nya adalah mengkoagulasikan protein, cairan alcohol yan umum di gunakan berkonsentrasi 70-80 % karena konsentrasi yang lebih tinggi atau rendah kurang efektifd.
b. Khlor
Gas khlor dengan air akan menghasilkan ion yang akan mengakogulasikan protein sehingga membrane sel rusak dean terjadi inaktivasi enzim.
c. Yodium
Daya kerja adalah bereaksi denga tyrosin serta asam amino dengan enzim atau protein mikroorganisme.
d. Formal dehida 8%
Merupakan konsentrasi yang cukup ampuh mematikan sebagian besar mikroorganisme, daya keranya adalah berkaitan dengan amino dalam protein mikrobia.
e. Gas Etilin oksida
Gas ini dgunakan terutam untuk mensterilakn bahan yang dibuat dari plastic.sterilisasi bahankimia digunakan alcohol 70% menurut (Gupte 1990) etil alakohol sangat efektif pada kadr 70% daripada 100% dan ini tidak membunuh spora sterilisasi dengan menggunakan alcohol dlakukan pad aproses pembuatan kultur stok dan teknik isolasi.
Alkohol 70% disemprotkan pad atangan praktikum dan alat alat seperti makro pipet,. Menurut Volk dan Wheer (1988) alcohol apabila di gunakn pada kulit kontaknya terlalu pendek untuk menimbilkan banyak efek gernisisda dan alcohol segera menguap karena sifatnya mudah menguap

0 komentar:

Posting Komentar